Selasa, 11 Desember 2012

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Kandungan gizi makanan perlu kita perhatikan pada saat kita sedang mengkonsumsi makanan atau menyiapkan makanan buat keluarga. Makanan merupakan sumber energy bagi tubuh kita, makanan juga bisa membawa penyakit. Ini semua tergantung pada jenis makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi dan apakah anda sudah mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang. Saat ini orang cenderung menjalani pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Hal ini ditandai oleh kegemaran mengkonsumsi makanan instan dan makanan junk food yang banyak mengandung bahan pengawet dan zat buatan, seperti pemanis buatan yang dapat merusak tubuh. Selain itu banyak orang juga senang mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolestrol tinggi dalam jumlah yang berlebih. Hal inilah yang menjadikan sistem kekebalah tubuh menurun dan sekarang ini banyak orang mudah terjangkit penyakit yang kronis seperti jantung, asam urat, dan diabetes, bahkan mereka yang berusia muda pun mulai terserang penyakit ini. Kini saatnya kita kembali hidup sehat dengan mengenal kandungan gizi pada makanan 4 sehat 5 sempurna.

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #1: Makanan Pokok

Makanan pokok yaitu makanan yang menjadi sumber energi dalam tubuh. Dalam hal ini yang termasuk makanan sumber energi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat. Makanan pokok yang sering kita jumpai setiap hari adalah nasi, namun ada beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi umbi-umbian sebagai pengganti nasi karena ibu mengandung kadar glukosa yang rendah disbanding nasi. Makanan berkarbohidrat lain yang dianggap mewah, dikarenakan harganya yang relative mahal, yaitu kentang, oat, dan gandum. Sedangkan jagung juga merupakan makanan sumber energi yang banyak digemari karena rasanya yang enak.

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #2: Lauk Pauk

Lauk pauk adalah makanan utama pendamping makanan pokok. Lauk pauk berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk banyak yang mengandung protein misalnya seperti telur, daging, dan ikan. Untuk lauk pauk kita tidak perlu selalu beranggapan yang mahalah yang paling baik. Hal ini tidak dapat dibenarkan. Ada makanan murah yang juga bergizi, yaitu tahu dan tempe. Tempe dan tahu juga bisa menjadi lauk pauk favorit jika kita pandai mengolahnya.

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #3: Sayur Mayur

Sayur mayur yang baik untuk kesehatan tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau karena sayuran ini mengandung banyak vitamin, serat, dan protein nabati yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan gizi makan sayuran berikut ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh, seperti bayam, tomat, terong, dan lainya.

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #4: Buah-Buahan

Sebenarnya fungsi buah-buahan sama dengan sayuran. Buah-buahan kaya akan vitamin yang berperan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan akan buah kita tidak harus mengeluarkan banyak uang. Dalam hal ini pepaya merupakan salah satu contoh pilihan buah yang tepat untuk dikonsumsi secara teratur, karena selain harganya yang murah, pepaya kaya akan kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan C.

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna #5: Susu

Dalam rumusan makanan 4 sehat 5 sempurna ini, susu merupakan makanan pelengkap, dalam artian susu tidak wajib ada. Namun alangkah baiknya jika kita juga membudayakan minum susu. Karena secara ilmiah susu mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
Jika kita simak uraian tentang resep 4 sehat 5 sempurna diatas, kita dapat menyimpulkan sebenarnya hal ini tidak terlalu rumit dan sulit untuk disajikan. Kita dapat mengkonsumsi makanan yang terjangkau asalkan memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Kandungan gizi makanan 4 sehat 5 sempurna cukup untuk memenuhi nutrisi harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar